Home Jalan-Jalan Menikmati Senja di Gunung Wangi

Menikmati Senja di Gunung Wangi

6 min read
0
0
178

Satu lagi pesona wisata alam yang di Yogyakarta yang menawarkan perpaduan kesejukan udara dengan  pemandangan hamparan  persawahan  luas serta lanskap Kabupaten Bantul yang terlihat elok dari atas, salah satunya adalah wisata alam Gunung Wangi atau lebih lengkapnya Wisata Gunung Wangi bangkel.

Gunung Wangi bangkel sebenarnya lebih tepat jika disebut bukit, karena memiliki tinggi yang lebih rendah bila dibandingkan dengan gunung pada umumnya, tingginya malah sama dengan puncak bucu yang berada di sebelah selatan Gunung Wangi.

Di namakan Gunung wangi bangkel karena berada di Dusun  Bangkel, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau tepatnya sekitar 12 km kearah timur  dari pusat kota Jogja.

Untuk menuju ke  Gunung Wangi Bangkel yang berada di sebelah selatan Gunung atau Bukit Suru dimana dulu sempat viral karena  adanya Crop Circle di tengah sawah yang katanya  hasil perbuatan  alien. Rute ke wisata  Gunung Wangi Bangkel tidaklah sulit, dari pusat kota Jogja arahkan kendaraan kita ke arah timur lewat  Jalan Wonosari , nanti di kilometer  12 ada  Swalayan WS di sebelah kiri jalan atau tepatnya  sebelum SPBU Payak .

Setelah Swalayan WS ada gang kecil dengan gapura di kiri jalan yang masuk ke dalam ke perkampungan, ikuti  jalan tersebut. sampai kita bertemu  pertigaan kita ambil jalan ke kanan dengan mengelilingi bukit. Selanjutnya ketika kita menemui pertigaan lagi  kita ambil jalan ke kiri naik ke atas bukit. Ikuti saja jalan naik tersebut sampai kita  tiba di area parkir wisata Gunung Wangi Bangkel. Jalan menuju ke tempat ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dengan kondisi jalan cor semen.

Setelah sampai di area parkir untuk mencapai puncak Gunung Wangi kita harus berjuang naik dengan cara mendaki tangga  yang terbuat dari cor semen yang lumayan tinggi dan disamping tangga sudah ada pelindung berupa besi untuk pegangan. Disekitar tangga naik juga ada gazebo bagi anda yang ingin istirahat melepas lelah atau  hanya sekedar ingin duduk sambil bersantai menikmati suasana khas perbukitan yang sejuk.

Ketika sampai di  puncak Gunung Wangi Bangkel kita akan menemui komplek makam yang  merupakan komplek makam dari keluarga Ki Sutatmo Suryokusumo. berdasarkan informasi  yang di dapat  bahwa Ki Sutatmo Suryokusumo atau Raden Mas  Sutatmo Suryokusumo adalah merupakan keturunan dari trah Pakualaman dan merupakan saudara sepupu dari Raden Mas Suwardi Suryaningrat atau yang dikenal oleh kita semua sebagai Ki Hajar Dewantara.

Beliau memiliki andil yang besar dalam pergerakan nasional dan merupukan pelopor pendidik nasional. sedangkan karir  politiknya dimulai dengan menjadi anggota Volksraad atau nama lain Boedi Oetomo.

Kemudian  bersama dengan Ki Hajar Dewantara dan Ki Ageng Suryomentaram yang merupakan adik mendiang Sri Sultan Hamengku Buwono VIII, mendirikan Sarasehan  yang di beri nama saresahan Selasa Kliwon dimana  digunakan untuk forum diskusi yang di dalamnya terdiri dari  orang-orang politik, orang-orang kebudayaan, beserta filosof. Di samping itu juga beliau merupakan salah seorang yang turut andil dalam mendirikan Tamansiswa, sekolah yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara.

Dari atas puncak Gunung Wangi ini kita bisa menikmati hamparan sawah yang luas serta lanskap kabupaten Bantul dipadukan dengan suasana kesejukan alam di sekitar Gunung Wangi Bangkel. Ada beberapa spot foto yang instragamable yang ada di Wisata alam Gunung Wangi ini.

Waktu yang paling pas untuk berkunjung ke sini adalah sore hari ketika matahari mulai terbenam, karena memang salah satu nilai lebih wisata Gunung Wangi adalah sunsetnya yang indah tidak heran jika sore hari tempat ini akan ramai pengunjung.

Setelah puas menikmati sunset jika masih enggan beranjak kita akan disuguhi pemandangan kerlip lampu dari rumah penduduk yang ada dibawah. Untuk waktu tertentu di puncak Gunung Wangi juga di adakan live musik untuk menghibur para pengunjung terutama di malam hari.

Tiket masuk ke wisata alam Gunung Wangi masih sukarela, sedangkan untuk parkir roda dua Rp 3.000,- sedangkan roda empat Rp 5.000,-. Fasilitas sudah ada toilet, lahan parkir, warung makaman dan minuman, gazebo.

Load More Related Articles
Load More By Informasi Seputar Bantul
Load More In Jalan-Jalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *