Home Jalan-Jalan Tarawih Berjamaah di Masjid Sabilurrosyad Kauman Wajib Memakai Masker

Tarawih Berjamaah di Masjid Sabilurrosyad Kauman Wajib Memakai Masker

2 min read
0
0
18
masjid sabilurrosyad

Melaksanakan tarawih di masjid sabilurrosyad wajib memakai masker dan membawa alat sholat sendiri. Hal ini dilakukan untuk menghindari penularan virus covid-19.  Walaupun pandemi masih berlangsung, suasana di masjid ini tetap terasa hangat khas bulan suci. Kemudian, untuk area sholat anak-anak dan dewasa dipisahkan.

Sehingga, ibadah bisa khusyu dan tenang. Tak hanya itu, masjid sabilurrosyad juga memiliki tradisi yang masih dilestarikan sampai saat ini. Salah satunya adalah membuat takjil atau menu berbuka berupa bubur dengan sayur krecek tempe.

masjid sabilurrosyad

Masjid sabilurrosyad terletak di dusun kauman, wijirejo, pandak, bantul. Tepatnya di jogja bagian selatan atau bantul. Konon masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di bantul, dibangun oleh Panembahan Bodo sekitar tahun 1600-an.

 

Bangunan masjid ini sudah mengalami perombakan beberapa kali yang merubah struktur bangunan, sehingga tidak terlihat seperti bangunan jaman dahulu. Akan tetapi, ada beberapa spot yang sampai saat ini tidak diubah dan tetap dijaga kelestariannya. Misalnya, Jam Bancet yang dahulu digunakan untuk menentukan waktu shalat zaman dahulu.

Namun, jam ini hanya bisa menentukan waktu shalat dzuhur, ashar dan shalat sunnah dhuha. Karena bergantung pada sinar matahari yang bersinar. Saat sinar matahari mengenai ujung paku yang ada di batu tersebut, akan menghasilkan bayagan, nah dari situ akan diketahui waktu shalat. Hingga saat ini jam ini masih ada di sebelah utara masjid. Kemudian, disamping jam tersebut terdapat Batu berwarna hitam yang diduga Yoni. Masyarakat disini menyebutnya Watu Gilang (Batu Gilang).

Load More Related Articles
Load More By Informasi Seputar Bantul
Load More In Jalan-Jalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *