Home Kuliner Kenyalnya Mie Pentil dari Pundong yang Wajib Dicoba

Kenyalnya Mie Pentil dari Pundong yang Wajib Dicoba

3 min read
0
0
34

Jika Anda datang ke Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, jangan lupa untuk mencoba kuliner khasnya, yakni Mie Pentil. Mie yang dibuat dari sari pati kelapa ini terasa sangat kenyal, gurih, dan lezat saat dinikmati.

Kekenyalan yang kuat dalam mie basah tersebut mirip karet pentil mungkin menjadi asal-usul namanya. Mie pentil sebenarnya mudah ditemui di sejumlah pasar tradisional yang tersebar di seluruh Bantul, seperti pasar Imogiri, Barongan, dan Kotagede. Namun, kebanyakan penjual kuliner ini merupakan warga Pundong, Bantul.

Di pasar, Anda dapat menemukan mie pentil goreng siap santap yang kadang dibungkus dalam daun jati dengan harga terjangkau. Anda bisa membelinya dalam porsi kecil seharga Rp2.000 per bungkus untuk sekadar cemilan.

Sebagaimana dikabarkan PortalJogja.com dalam artikel “Mie Pentil, Kuliner Pundong Bantul yang Kenyal-Kenyal Gurih”, para pedagang juga menyediakan pembelian mie pentil dalam jumlah besar.

Jika membeli setengah kilogram, Anda cukup merogoh Rp12 ribu dari dompet. Adapun untuk ukuran satu kilogram, mie pentil bisa dibanderol dengan harga yang lebih murah, yakni Rp23 ribu saja.

Menyajikan mie ini pun dinilai cukup sederhana, tak perlu ditambahkan sayur pelengkap seperti wortel, kubis, ataupun daun bawang. Anda cukup memasaknya menggunakan bawang putuh, kemiri, dan penyedap rasa. Garam pun ditambah sedikit saja karena sudah dimasukkan oleh para pengrajin mie pentil sebelumnya.

Agar lebih nikmat, sambal yang terdiri atas cabe rawit, garam, dan gula bisa diulek untuk disantap bersamaan dengan mie pentil. Sambal ini menjadi bagian tak terpisahkan karena warga Pundong biasa menyajikannya dengan sambal yang sangat pedas, sampai-sampai dijuluki sebagai miedes alias mie pedes.

Jika Anda suka dengan tempe, bisa juga dimasukkan ke dalam sambal. Sebagai penghias, daun seledri dan bawang goreng dapat ditabur di atasnya.

Bukan cuma bisa digoreng, mie pentil juga dapat disajikan dalam bentuk mie rebus. Tertarik mencobanya? Anda bisa datang ke pasar tradisional di wilayah Bantul dan sekitarnya untuk membeli atau menyantapnya langsung di Pundong.

Load More Related Articles
Load More By Informasi Seputar Bantul
Load More In Kuliner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *