Home Olahraga Tujuan Wisata Sepanjang Sungai Opak yang Wajib Goweser Tau

Tujuan Wisata Sepanjang Sungai Opak yang Wajib Goweser Tau

7 min read
0
0
193

Gowes alias bersepeda akhir-akhir ini menjadi kegiatan populer di seluruh kalangan masyarakat. Tidak hanya bagi kalangan warga kota, seluruh masyarakat sedang menggandrungi kegiatan ini. Nah, bagi kalian yang hobi gowes, pada libur weekend hari raya iduladha ini patut mengetahui tempat-tempat wisata yang lagi ngetren di sepanjang sungai opak.

Tempat-tempat wisata ini sangat cocok buat goweser pemula juga, mengingat aliran sungai opak yang berhulu dari gunung merapi hingga samudra hindia ini sangat dekat dan mudah dijangkau dari kota Jogja khususnya. Sehingga bagi pemula tidak akan menguras energi dan menjadi takut tidak bisa kembali melanjutkan bersepeda sampai rumah.

Nah, berikut tujuan wisata sepanjang sungai opak yang dapat dijangkau dengan mudah bagi para pesepeda, khususnya pemula;

Lava Bantal

Bagi goweser wilayah Jogja utara, seputar Kabupaten Sleman bagian timur sisi selatan dan kota Jogja, sangat cocok menuju Lava Bantal. Tempat wisata alam yang dikembangkan oleh Pemda Sleman ini terletak hanya sekitar 6 KM dari Kota. Untuk masuk, tidak ada retribusi, hanya biaya parkir seikhlasnya. Di lokasi wisata aliran sungai opak ini, kalian bisa bersantai menikmati aliran air di antara batu cadas yang membentuk seolah-olah seperti bantal.

Batu Kapal

Yang lebih menarik, kalian bisa menuju Batu Kapal. Tempat ini terhitung baru dibuka sebagai tempat wisata, namun sangat bagus untuk dikunjungi, mengingat suasana yang begitu lain dan lebih indah dibandingkan dengan Lava Bantal. Letaknya tidak jauh dari Lava Bantal, namun akses utama ke tempat ini berbeda. Kalian cukup melewati sepanjang jalan Wonosari dari arah kota Jogja sekitar 7 KM. Keindahan alam yang sangat asri bisa merenggangkan otot kalian yang mungkin cukup lelah mengayun sepeda dari Kota Jogja.

Gerbang Banyu Langit

Masih seputar aliran Sungai Opak dan jalan Wonosari, di bagian selatan sudah lama dikembangkan oleh masyarakat sekitar menjadi tujuan wisata murah. Namanya Gerbang Banyu Langit. Tidak jauh dari jalan wonosari, hanya saja kalau ke Batu Kapal kalian harus belok ke arah kiri, untuk Gerbang Banyu Langit kalian harus belok ke arah kanan. Di sini kalian bisa menikmati aneka suguhan tradisional dengan harga yang sangat ekonomis sebagai pelepas lelah dari bergowes ria.

Setren Opak

Tidak jauh dari Setren Opak, setengah kilometer kea rah selatan lagi kaliah sudah sampai Setren Opak. Letaknya bersebelahan dengan Taman Tempuran Cikal yang ada di sisi barat dari aliran sungai Opak. Jika kalian sudah di Setren Opak, tinggal menaiki kapal boot kalian sudah dapat menjangkau Taman Tempuran Cikal. Untuk setren Opak, area wisatanya lebih luas dari Gerbang Banyu Langit dan berada di sela-sela rimbunnya pohon bambu. Sambil beristirahat kalian bisa menikmati aneka jajanan tradisional yang disuguhkan penduduk lokal.

Taman Glugut

Bagi kalian yang tinggal di wilayah selatan Kota Jogja bisa menuju Taman Glugut. Letaknya di sebelah kiri dari jalan Imogiri Timur KM 10. Tepatnya di kampung Wonokromo Pleret kalian bisa menikmati keindahan bendungan dengan menaiki perahu motor. Tidak ada retribusi untuk masuk, namun kalian harus mengeluarkan biaya apabila menaiki perahu motor untuk mengelilingi aliran sungat Opak yang cukup tenang di atas bendungan.

Taman Pelangi

Sama halnya dengan Taman Glugut, di Taman Pelangi kalian bisa menemukan hal yang tidak jauh berbeda. Hanya saja tempatnya yang sedikit jauh dibanding Taman Glugut dari arah kota Jogja. Tapi jangan kawatir, hanya menambah 2 KM saja dari Taman Glugut kalian sudah sampai di Taman Pelangi. Mungkin bisa dicoba ke Taman Glugut di minggu pertama, baru minggu berikutnya ke Taman Pelangi.

Watu Ngelak

Untuk kalian yang sudah biasa gowes dan sudah bosan ke Taman Pelangi dan Taman Glugut bisa langsung menuju ke Watu Ngelak. Tepatnya ada di desa Wisata Kuton Kecamatan Jetis Bantul sehingga lebih jauh dari kota Jogja. Selain berwisata air, bagi yang membawa anak kecil bisa bermain di desa wisata ini. Walaupun jauh dari kota Jogja, Watu Ngelak sangat terjangkau bagi kalian yang tinggal di seputar Bantul kota, karena letaknya hanya sekitar 7 KM kea rah timur dari jantung kota.

Bila kalian penasaran seperti apa keindahannya, tinggal buka googel maps lalu ketik semua destinasi itu sudah dapat kalian lihat semua di bagian foto-fotonya. Untuk mengecek seberapa jauh, kalin tinggal mengarahkan jari ke tombol rute. Coba yuk sekarang…!

Load More Related Articles
Load More By Informasi Seputar Bantul
Load More In Olahraga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *