Home Pemerintahan Wakil Bupati Bantul Serahkan Bantuan Program Peduli Bencana OJK/IJK untuk Shelter Kalurahan

Wakil Bupati Bantul Serahkan Bantuan Program Peduli Bencana OJK/IJK untuk Shelter Kalurahan

4 min read
0
0
9
Wakil Bupati Bantul Serahkan Bantuan

Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo mengharapkan warga Bantul yang terlanjur mudik diharapkan untuk taat peraturan dan protokol kesehatan yang salah satunya adalah melakukan isolasi di daerah tujuan.

” Seusai aturan pemerintah dalam pencegahan penularan Covid-19 dalam masa Lebaran masyarakat yang terlanjur mudik harus melakukan isolasi selama lima hari dan setelah itu melakukan test bebas covid-19 berupa rapid antigen karena menurut data masih ada sekitar 26 juta masyarakat yang tetap akan mudik meskipun sudah ada larangan, ” kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati Bantul Serahkan Bantuan

Hal itu disampaikan dalam acara penyerahan bantuan sarana prasarana untuk shelter tingkat kelurahan bantuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Industri Jasa Keuangan (IJK) Peduli Bencana di kantor Kapanewon Jetis, Bantul, Kamis (29/4/2021).

Isolasi bagi pelaku perjalanan mudik yang tetap melakanakan perjalan bisa melakukan secara mandiri maupun berada di shelter kelurahan sebelum berbaur dengan masyarakat.

Selain itu Wakil Bupati juga meminta peran aktif dari jajaran kelurahan dalam memantau kedatangan pemudik serta menjaga kedisiplinan masyarakat dalam pelaksanaan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

” Jangan sampai kita kendor dalam menerapkan protokol kesehatan serta pelaksanaan PPKM Mikro supaya tidak terjadi kluster atau permasalahan baru setelah Lebaran nanti, ” kata Wakil Bupati.

Selanjutnya Joko B. Purnomo menyampaikan arahan dari Presiden RI terkait penangan Covid-19. Berkaca pada kasus Covid-19 di India yang semula dijadikan negara percontohan penanganan yang baik dalam pencegahan Covid-19 namun karena merasa bisa mengendalikan kasus penularasan kemudiam membuat lemahnya pengawasan protokol kesehatan yang berakibat India saat ini mengalami lonjakan kasus yang tidak terkendali.

Wakil Bupati Bantul Serahkan Bantuan

Pengendalian dan pengawasan terutama untuk menyongsong masa Lebaran, Pemerintah Kabupaten telah berkoordinasi lintas sektoral dan Wakil Bupati meminta kepada para Lurah untuk memberdayakan SatLinmas dalam memantau kegiatan masyarakat.

” Kita upayakan pemenuhan sarana dan prasarana untuk pencegahan penularan dan mengajak menjaga semuanuntuk disiplin protokol kesehatan karena apabila kendor akan berdampak besar, ” kata Wakil Bupati.

Apresiasi yang tinggi juga disampaikan Wakil Bupati kepada TNI-Polri yang telah bersinergi bersama yang tanpa lelah melakukan pencegahan dan penekanan laju penularan covid-19.

Wakil Bupati Bantul Serahkan Bantuan

Diakhir sambutannya Wakil Bupati kembali menyampaikan harapan, meskipun sarana prasarana untuk shelter telah dicukupi dan disiapkan semoga tidak ada masyarakat yang menggunakannya sebagai tempat perawatan.

” Kita siapkan segala keperluan sarana prasarana dan semoga tidak pernah dipakai dalam artian kita semua berharap semua sehat dan masyarakat dapat patuh dalam menyikapi peraturan pemerintah terutama larangan mudik yang dalam hitungan waktu masa mudik Lebaran akan terjadi sebentar lagi” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut selain penyerahan bantuan dari OJK dan IJK juga dilaksanakan penyerahan buku panduan penyelenggaraan shelter covid-19 tingkat kelurahan dari Sonjo (Sambatan Jogja) yang diserahterimakan kepada Wakil Bupati yang kemudian dilanjutkan diberikan ke kelurahan.

 

Load More Related Articles
Load More By Informasi Seputar Bantul
Load More In Pemerintahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *